REKONTRUKSI PEMBELAJARAN DI LEMBAGA PENDIDIKAN PAUD,KB,TK DAN RA ABAD 4.0

REKONTRUKSI PEMBELAJARAN DI LEMBAGA PENDIDIKAN PAUD,KB,TK DAN RA ABAD 4.0

 

 

 

REKONTRUKSI PEMBELAJARAN DI LEMBAGA PENDIDIKAN PAUD,KB,TK DAN RA ABAD 4.0

Oleh : Nurul Anam dan Finadatul Wahidah dkk

DI Abad 4.0, lembaga yang memiliki peran signifikan dalam mendidik anak usia dini salah satunya adalah lembaga pendidikan anak usia dini. Di dalam UU No. 20 Tahun 2003, pendidikan anak usia dini adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut. Dari definisi ini, lembaga pendidikan anak usia dini merupakan lembaga pendidikan dasar yang diperuntukkan untuk anak yang berumur antara 0-6 tahun. Lembaga pendidikan anak usia dini memliki berbagai macam lembaga pendidikan seperti lembaga pendidikan Taman Kanak-Kanak (TK), Raudlatul Athfal (RA), Bustanul Athfal (BA), Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Taman Penitipan Anak (TPA), Play Group, Kelompok Bermain (KB), Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) dan sebagainya.

Lembaga pendidikan anak usia dini ini memiliki peran sangat penting dalam mengembangkan kemampuan atau potensi yang dimiliki oleh anak usia dini. Potensi atau kemampuan yang harus dikembangkan ada empat yaitu kemampuan kognitif, fisik motorik kasar dan halus, sosial dan emosional, serta bahasa. Ada juga yang mengatakan bahwa ada enam kemampuan yang harus dikembangkan yaitu kemampuan kognitif, nilai agama dan moral, fisik motorik kasar dan halus, sosial emosional, seni, dan kemampuan berkomunikasi dan berbahasa. Apabila potensi- potensi tersebut dapat dikembangkan maka tujuan pendidikan di lembaga pendidikan anak usia dini akan tercapai.

Jika anda ingin mendapatkan versi digitalnya, klik disini

 

admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *